#SIP Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia


 Hasil gambar untuk arsitektur komputer dan kognisi manusia



1.   Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek operasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut (karakteristik) sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contoh dari atribut meliputi set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mewakili berbagai jenis data (misal: angka dan karakter), mekanisme input/output, dan teknik untuk pengalamatan memori. 

2.   Kognisi Manusia
Definisi kognisi menurut Dewanto, (2007) adalah suatu kegiatan fikiran, saat seseorang sadar akan objek suatu pemikiran atau persepsi. Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagi kecerdasan atau inteligensi. 

3.   Keterkaitan Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia
Dari penjelasan di atas, dapat dilihat terdapat hubungan antara arsitektur komputer dan kognisi manusia. Komputer dan kognisi manusia hampir sama yaitu mampu memproses informasi. Fungsi-fungsi seperti pengenalan pola, atensi, kesadaran, belajar, memori, formasi konsep, bahasa/pemahaman, hingga digunakan untuk pemecahan masalah ada pada keduanya meskipun di”jelaskan” dengan istilah yang berbeda. Komputer sendiri dapat memproses informasi dikarenakan kognisi (otak) manusia yang mengoperasikannya. Itulah sebabnya arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia berhubungan. 

Sumber:
Arif, M. F. (2019). Arsitektur dan Organisasi Komputer. CV. Penerbit Qiara Media.
Munazilin, A. (2017). Arsitektur komputer. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Neruda, N. (2016). #SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia.
Purnomo, A. (2012).
Putri, A. Y. (2015). #SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOPSIKOLOGI

Pembagian Wilayah Berdasarkan Iklim dan Teori Lamarck

#SIP Proposal Perancangan Aplikasi Alat Tes Psikologi